Pilih Suku Bunga KPR Flat Karena Pasti Angsurannya

Sama baiknya saya kira di antara pilihan suku bunga KPR tetap dan suku bunga efektif. Suku bunga tetap, disebut juga suku bunga flat, tidak berubah selama masa pinjaman. 

Sementara suku bunga efektif, disebut pula dengan istilah suku bunga fluktuatif, berubah naik turun angsurannya sesuai dengan kebijakan suku bunga perbankan yang mengacu pada ketetapan SBI. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Terhadap suku bunga KPR flat banyak diterapkan di bank syariah, kepastian angsurannya tetap dan pasti sampai masa kredit berakhir. Dan itu artinya nasabah KPR tidak dihantui perasaan was-was berkepanjangan. Terhindar dari naik turunnya angsuran karena umumnya KPR tenggat waktunya panjang, bisa sampai 15 tahun.

Suku bunga KPR flat cocok bagi mereka yang berkategori pendapatan ajeg dan tidak biasa bermain dengan resiko. PNS, pegawai swasta dan karyawan BUMN cocok bagi model suku bunga ini. Keuntungan lainnya, jika terjadi pelunasan di tengah masa pinjaman, nasabah tidak dikenakan biaya pinalty dan tidak dipungut provisi sebesar 1%. Suatu variabel biaya saat pertama melakukan akad kredit dan pada saat terjadi pelunasan di masa kredit. Catatan nya, nilai angsurannya model flat ini sedikit lebih tinggi jika dibandingkan angsuran dengan model bunga fluktuatif. Juga apabila terjadi penurunan suku bunga perbankan karena kebijakan SBI, nasabah tidak bisa ikut menikmati pengurangan nilai cicilan karena jumlah angsurannya telah dipatok tetap sejak awal. Kondisi obyektif keuangan nasabah KPR adalah pertimbangan utama dalam memilih jenis suku bunga KPR.

(sumber : propertytoday)